Lanjut ke konten

Sekolah buat buku sendiri? SIAPA TAKUT

Februari 10, 2014

percetakanminiMasih sering dijumpai sekolah yang “main mata” dengan penerbit, sekolah melalui guru menyuruh murid membeli buku hanyalah demi “royalti” dari penerbit. Harganya pun tidak main-main, bisa ratusan per semester per orang/murid. Bayangkan kalau satu keluarga beranak dua atau tiga orang, berapa banyak uang yang harus dikeluarkan oleh orang tua karena ulah tidak terpuji itu.

Sekolah buat buku sendiri? Siapa takut,

Apalagi berlakunya Kurikulum 2013 dapat menjadi momentum untuk menerbitkan buku khas sekolah. Bagaimana dengan penerbit buku pelajaran swasta yang menjual buku? Kami bisa berdamai dengan mereka yaitu hanya menggunakan buku tertentu saja , tetapi para guru dapat memulai menyusun buku sendiri yang sesuai dengan kebutuhan serta karakter sekolah.

 Zaman memang telah berubah. Jangankan lembaga seperti sekolah, perseorangan pun sudah mampu menulis dan menerbitkan buku sendiri dengan cara yang sederhana, murah, serta mudah. Inilah tantangan dunia penerbitan buku ke depan bahwa individu ataupun kelompok kecil dapat menciptakan buku secara mandiri tanpa memerlukan lagi penerbit

 Namun, yang jelas buku ajar pastilah dibuat berbasis pada kurikulum serta silabus yang diterapkan sekolah tersebut. Para guru tinggal menyusun ulang dengan kreativitas yang dimilikinya. Yang tak kalah penting lagi, biaya sekolah jadi murah.

 Percetakan mini TKIT Nurussunnah yang kreatif.

Dengan modal laptop, printer Canon multifungsi untuk scan,printer,copy, alat potong,staples besar , sudah sejak beberapat tahun lalu sekolah membuat buku sendiri. Saat ini printer injet harganya murah , modelnya sudah memakai system infuse atau CIS sehingga tintanya lebih banyak (sampai 100 ml).

Dengan tinta yang banyak, kami bisa mencetak sampai ratusan lembar untuk puluhan buku. Dengan ini kami membuat beberapa buku anak anak murid TKIT Nurussunnah yang jumlahnya 90 anak.

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: